Selasa, 14 Mei 2019

KELOMPOK 7

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

   Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

   Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaanmakalah.

                                                                           MAKASSAR, 5 APRIL 2019

                                                                                               Penyusun







DAFTAR ISI
SAMPUL...........................................................................................................i
KATA PENGANTAR.   ……………………………………………………. ii
DAFTAR ISI.  …………………….…..…………………….……………… iii
BAB I
(PENDAHULUAN). ……………………………………………….….…… 1
A. LATAR BELAKANG.   …………………………………….….…… 1
B. RUMUSAN MASALAH…………………………………………..2
C. TUJUAN…………………………………………………...…….....2

BAB II
(PEMBAHASAN)   ……………………………………….…….…... 3
A. PENGERTIAN SARANA DAN PRASARAN OLAHRAGA...... 3
B. FUNGSI SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA...................3
C. SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA ATLETIK................4
D. SARANA DAN PRASARANA LARI................................................5

BAB III
(PENUTUP).…………………………………………………..……....…..… 8
A. KESIMPULAN. ……………………………….. ….…........………8
B. SARAN. ………………………………………………….…......……..8

DAFTAR PUSTAKA. ………………………..........………………….......9

BIODATA PENULIS.....................................................................................10
2
 
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang 
Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan program pendidikan disekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi saran dan prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah dan oleh optimalisasi pengololaan dan dan pemanfaatannya.
Atletik merupakan kegiatan jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat dan lempar. Atletik juga merupakan sarana untuk pendidikan jasmani dalam upaya meningkatkan kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, dan sebagainya. Istilah atletik berasal dari bahasa Yunani yaitu Athlon atau  Athlumyang berarti perlombaan atau pertandingan sedangkan orang yang melakukannya disebut Athleta(Atlet). Di Amerika dan di sebagian Eropa serta Asia sering memakai istilah / kata atletik dengan Track and Field, sedangkan negara Jerman memakai kata Leicht Athletikdan di negara Belanda memakai istilah Athletiek. Aktivitas jasmani dalam atletik menjadi unsur dasar untuk cabang olahraga yang lainsehingga atletik lazim disebut sebagai mother of sport atau ibu dari semua cabang olahraga. Di sekolah dewasa ini, atletik menjadi kegiatan yang wajib diajarkan kepada siswa. Atletik dikenal sebagai kegiatan yang murah, mudah dan masal.Keadaan kondisi apapun, sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani dengan pokok bahasan atletik.
Namun pembelajaran atletik di sekolah belum sesuai harapan. Banyak guru tidak menyadari, bahwa siswa mendapatkan kesenangan dari pembelajaran atletik dengan nomor berbeda.
 
4
 
2

Sekolah sebaiknya berupaya untuk meningkatakan prestasi atletik. Upaya tersebut diantaranya melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dan melaksanakan pembinaan dengan menggunakan berbagai bentuk metode yang cocok. 


B. Rumusan Masalah
1.      Apakah sarana prasarana olahraga itu?
2.      Apa fungsi sarana dan prasarana olahraga?
3.   Sarana dan prasarana apa saja yang diperlukan dalam olaharaga atletik di nomor lari?

C. Tujuan
1.      Untuk mengetahui sarana dan prasarana olahraga.
2.      Untuk mengetahui fungsi sarana dan prasarana olahraga.
3.      Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang diperlukan dalam olaharaga atletik di nomor lari.











 
4
 
2

BAB II
(PEMBAHASAN)
SARANA DAN PRASARANA ATLETIK

A. Pengertian Sarana Prasarana Olahraga
Sarana prasarana olah raga adalah suatu bentuk permanen, baik itu ruangan di luar maupun di dalam.Contoh : cymnasium, lapangan permainan, kolam renang, dsb. (Wirjasanto 1984:154). Pengertian sarana prasarana tidak seperti yang di atas, namun ada beberapa pengertian lain menurut sumber yang berbeda pula. Sarana prasarana olah raga adalah semua sarana prasarana olah raga yang meliputi semua lapangan dan bangunan olahraga beserta perkengkapannya untuk melaksanakan program kegiatan olahraga (Seminar Prasarana OlahRaga Untuk Sekolah dan Hubungannya dengan Lingkungan (1978).
Sarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk dan jenis peralatan serta perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan olah raga. Prasarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari tempat olah raga dalam bentuk bangunan diatasnya dan batas fisik yang statusnya jelas dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk pelaksanaan program kegiatan olah raga.

B. Fungsi Sarana dan Prasarana Olahraga 
1. Sebagai pendukung pelaksanaan suatu kegiatan terutama dalam pengajaran olahraga
2. Sebagai lokasi atau tempat dalam bisnis maupun aktivitas olahraga sehingga akan saling mendukung dengan adanya tempat dan juga perlengkapan beraktivitas.
3. Sebagai wadah atau penunjang untuk melakukan kegiatan olahraga sehingga harus dipersiapkan sesuai dengan peta olahraga di Indonesia.

 
 
3

4
C. Sarana dan Prasarana Olahraga Atletik
Dalam cabang olahraga atletik sarana dan prasarana berbeda-beda antara lari, lompat dan lempar.Kesemuanya dapat di kumpulkan dalam satu tempat yaitu stadion atletik. Stadion atletik terdiri dari beberapa bagian yaitu: 
a) Lapangan utama untuk perlombaan
b) Lapangan untuk pemanasan

Prasarana yang harus ada yaitu :
1.   Ruangan yang terdiri dari ruangan IT, pers, Medic, Tes doping, Ruang juri dan wasit, gudang,toilet.
2.   Lintasan lari, lapangan lompat jauh & jangkit, lapangan lompat tinggi, lapangan lompat tinggi galah, lapangan lempar lembing, lapangan tolak peluru, lapangan lempar cakram, lapangan lontar martil dan lintasan lari steple chees.

Gambar 1 : Lapangan atletik
D. SARANA DAN PRASARANA LARI
1. Lintasan lari
Lintasan ini lebar keseluruhan tidak boleh kurang dari 9,76 meter dan lebar setia lintasan adalah 1,22 meter terbagi dalam 8 lintasan. Garis start dan garis finish
di tandai dengan garis putih selebar 5 cm yang tegak lurus pada garis lintasan di sisi dalam. Bila garis start tersebut berada di tikungan, harus dibuat garis start pada setiap lintasan sehingga setiap peserta lomba menempuh jarak yang sama. Lintasan lari bisa terbuat dari bermacam-macam bahan yaitu :
Lintasan yang terbuat dari grevel, tanah liat dan yang standar yaitu yang terbuat
darikaretatausintetis
Gambar 2 : Lintasan Lari





2) Tiang finish
Tiang finish ini terbuat dari bahan yang kuat yang di cat putih yang di tancapkan 30 cm dari lintasan tepi. Tiang ini mempunyai ketinggian 1,4 meter, lebarnya 8 cm dan tebalnya 2 cm.
3) Balok start
Balok start harus terbuat dari bahan yang kokoh dan kuat, serta mudah di stel atau di pasang maupun di bongkar, tetapi tidak boleh ada perlengkapan atau alat yang membantu memberi percepatan atau pengaruh lari.
4) Gawang
Gawang di sini di peruntukkan untuk perlombaan lari yaitu 100 meter gawang
putri, 110 meter putra dan 400 meter gawang. Terdapat sepuluh buah gawang pada setiap jalur/lintasan.Ukuran dan jarak antar gawang di sajikan dengan tabel berikut :

Even gawang 
Tinggi gawang 
Jarak garis start ke gawang 1
Jarak antar gawang 
Jarak gawang ke akhir garis finish
Putra
110 meter
1,067 m
13,72 m
9,14 m
14,02 m

400 meter
0,914 m
45 m
35 m
40 m
Putri
100 meter
0,838 m
13 m
8,50 m
10,50 m

400 meter
0,762 m
45 m
35 m
40  

5) Kotak nomor lintasan
6) Starter’s high stand
7) Pistol start
8) Penghitung keliling untuk perlombaan lari yang lebih dari 1 putaran.
9) Bendera untuk juri lintasan
10) Stopwatch
11) Bangku timer
12) Keranjang pakaian
13) Alat angkut start block
14) Pengukur kecepatan angin
15) Foto finish
2. Perlengakapan untuk peserta atau atlet adalah sebagai berikut :
a. Pakaian
b. Nomor atlet
c. Sepatu spikes (sepatu berpaku)



















 

4
BAB III
(PENUTUP)
A. KESIMPILAN
1. Prasarana olahraga adalah sumber daya pendukung yang terdiri dari tempat olah raga dalam bentuk bangunan diatasnya dan batas fisik yang statusnya jelas dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk pelaksanaan program kegiatan olah raga.
2. Fungsi sarana dan prasarana olahraga yaitu sebagai tempat untuk menunjang dalam melakukan aktivitas olahraga, untuk mendukung kegiatan olahraga dan juga perlengkapan beraktivitas, sebagai motovasi peserta didik untuk berolahraga.
3. Prasarana yang harus ada yaitu :
• Ruangan yang terdiri dari ruangan IT, pers, Medic, Tes doping, Ruang juri dan wasit, gudang,toilet.
• Lintasan lari, lapangan lompat jauh & jangkit, lapangan lompat tinggi, lapangan lompat tinggi galah, lapangan lempar lembing, lapangan tolak peluru, lapangan lempar cakram, lapangan lontar martil dan lintasan lari steple chees.
B. SARAN
Peningkatan sarana dan prasarana di cabang olahraga atletik ini, sangat dibutuhkan bagi para atlet,karna hal tersebut sebagai pacuan bagi para atlet untuk lebih meningkatkan peforma latihan secara efektif dan efisien,sehingga pencapaian suatu prestasi bagi setiap atlet dapat terwujud.


 
 
8

9

DAFTAR PUSTAKA


www.pngdownload.id/png-gld9bl/


Hanafi, Ifan. Dkk.. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama untuk Pelatihan Kepala Sekola. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2001.















BIODATA PENULIS
1. ERWAN HAFID
(1731042009)
PENJASKESREK (E)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
 
2. RITA ARIANTI
(1731042007)
PENJASKESREK (E)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

3. NUR QALBIANAH
(1731042048)
PENJAS KESREK (E)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
 
4. MUH.ILHAM.S
(1731042016)
PENJASKESREK (E)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
 
5. JUANSAR
(1731042027)
PENJASKESREK (E)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
 
8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar